Loadbalancing Jinom dan RTRWIX

Halo bertemu lagi dengan saya Een Pahlefi, udah lama gk nulis di sini, kangen juga nulis nulis dan ngulik berkaitan dengan jaringan.

Kali ini sebenarnya saya dapat kasus cukup unik dan cukup membuat kepala saya panas, apa itu kasus nya check this out.

Sebelum saya melanjutkan tulisan, saya tidak bermaksud atau bertujuan apapun untuk tulisan ini, apabila ada sesuatu yang tidak berkenan dalam hal tulisan, ini murni inisiatif saya pribadi, dan harap maklum.

Dijaringan pemilik nya punya bahan bahan sebagai berikut
1. Loadbalancing 2 WAN, 100 Mbpx X 2
2. Menjadi anggota jinom dan rtrwix, untuk produk nya kalian tau sendiri lah siapa yang punya, haha..

sepengelaman saya, default route router kan hanya bisa 1, dan koneksi tunnel jinom dan rtrwix tentu nebeng di WAN 1.

Configurasi saya paling suka dalam hal loadbalancing adalah menggunakan src address, tidak seperti kebanyakan di internet yang pasti suka both address atau both address and port..



 sebenarnya simple, tinggal arahkan semua koneksi WAN 1 dan WAN 2 di ip route kemudian gateway nya di ganti menjadi gateway jinom dan rtrwix,

kemudian saya berfikir, ah sudah selesai nih beress..

selang besok kemudian mulai lah ada yang aneh, website shopee gk bisa ke buka gambar nya, ah paling saya kira DNS, kemudian saya arahkan ke DNS nya jinom semuanya, alhamdulillah solved.

kemudian ada lagi yang error yaitu, aplikasi bmt gk bisa di akses, dan gk bisa upload video smule..
makin banyak aja yang error..

yang saya heran, ketika saya pasang di 4 jalur WAN / 5 jalur WAN pun rule saya gk ada masalah, karena memang src address adalah paling stabil di PCC, walaupun sebenarnya both address pun juga bagus.

tapi kenapa ketika geteway nya sudah berubah menjadi jinom dan rtrwix muncul masalah seperti diatas.

akhirnya saya berinisiatif seperti ini, jinom nya saya khusus kan game online saja, dan rtrwix saya gunakan untuk ngecek speedtest, hihihi.. tipuan aja sih, haha



dengan begini masalah sementara teratasi, demikian curhatan dan pengalaman pagi ini. terima kasih.
Salam suneo network.

Semoga Bermanfaat
Penulis : Een Pahlefi,S.Kom

0 Response to "Loadbalancing Jinom dan RTRWIX"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel