Cara Remote Router dengan Rommon

Senang sekali , pada pagi sekitar jam 2.12 AM waktu indonesia timur mata masih melek aja.

Disini saya merasa bahwa, barokah ilmu itu ada ketika berbagi, karena Rommon ini saya baca sekitar 2 tahun yang lalu, kenapa paham nya baru sekarang, entahlah.. mungkin karena tuhan baru membuka nya sekarang..

Maka dari itu saya pengen menulis lagi dan lagi.
Biasanya ketika saya pengen meremote router yang dibawah nya ada beberapa router lagi, saya menggunakan NAT per port, agar bisa mengakses router di bawah nya..

Setelah saya mempelajari dan mengimplementasikan Rommon, maka saya bisa mengakses router dibawah nya tanpa menggunakan NAT per port tadi, kenapa begitu, karena Rommon merupakan proprietary kepunyaan mikrotik yang bekerja di layer 2, syarat nya adalah ke semua router harus menjalankan Rommon itu tadi.

Bagi yang terbiasa remote menggunakan Tik-App , karena dia belom support Rommon, maka jelas tidak bisa menggunakan fitur Rommon, jadi itulah kekurangan nya.

Router = A
/tool romon
set enabled=yes












Router = B
/tool romon
set enabled=yes













Menguji nya dengan , buka winbox
Apabila hasil nya muncul, maka dipastikan Rommon berhasil.














Hasil log nya sebagai berikut






Semoga Bermanfaat
Penulis : Een Pahlefi,S.Kom

1 Response to "Cara Remote Router dengan Rommon"

  1. Bisa di open ke publik mas?
    Kok perbandingan dengan NAT ya? Masih bingung

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel