6 Modal Sukses Bagi Pemula Pengusaha Jualan Internet

Halo semua nya.. Saya Een Pahlefi kali ini akan menulis sesuatu berkenaan dengan 6 Modal Sukses Bagi Pemula Pengusaha Jualan Internet.

Banyak dibeberapa forum diskusi, terutama di group facebook yang bunyi nya begini..

Kalo misalkan lulus TKJ kerja apa sih? Saya sebagai alumni TKJ sangat risih mendengarnya, karena beberapa jawaban sebagai berikut.

1. Jadi OP Warnet aja
2. Buka jasa install ulang komputer aja
3. Buka service komputer aja
4. Kerja di indomaret aja.
5. dsb

Walaupun ke semua jawaban masih ada hubungan nya dengan komputer, tapi kerjaan anda apa coba? mana ilmu yang anda dapat, ketika dikelas 2, menginstalasi sistem operasi berbasis teks, mana ilmu anda yang anda dapat di kelas 3, mengconfigurasi linux, paket tracer (cisco) dan configurasi mikrotik router.

Bagaikan hilang ditelan dibumi, semua berubah ketika negara api menyerang, eh maksudnya ketika anda lulus :)

Dikesempatan kali ini saya memberikan saran dan opsi, mengenai alternatif solusi. walaupun solusi saya ini bukan satu satu nya, masih banyak solusi lain nya, yang apabila kita mau kreatif, kita bisa mendapatkan uang di jurusan teknik TKJ ini.

Saya mulai dari ranah alumni TKJ dulu.
Dalam 3 tahun anda sekolah, setidak nya anda sudah punya modal memiliki ilmu dasar jaringan, seperti IP Address, DHCP Server, dsb.

Anda bisa memulai nya dengan berlangganan ISP seperti indihome/produk telkom bizznet atau yang lain nya. minimal dengan kecepatan paling rendah yaitu 10 Mbps.

Kemudian anda bisa membeli access point murah seperti merek TPLINK/DLink yang harga nya paling sekitar 100 ribuan, usahakan yang 5 port yah.. 1 WAN, 4 Port LAN , supaya gk usah beli switch lagi.

Kemudian anda bisa membeli kabel UTP yang murah saja, yang harga nya 400 ribuan per 305 meter, ini cukup untuk beberapa tetangga anda.

Kemudian anda bisa membeli RJ-45 yang murah saja, yang harganya biasanya 25 ribu isi 100 unit, yang bagus sekitar 50 ribuan per 20 unit.

Kemudian lagi, tangcrimping untuk penjepit, kalo gk punya pinjem kesekolahan, hahaha.. kalo mau ngirit minta crimping kan sekalian di toko komputer, tapi alangkah baik nya memiliki sendiri sih, murah tuh paling 50 ribuan.

Dan terakhir usaha anda harus membutuhkan Handphone yang memiliki access point, untuk mengecek, apakah sinyal nya muncul/drop dsb.

Pak, apakah perlu laptop? yah.. setidak nya memiliki komputer/laptop untuk configurasi access point.
Oh ya, biasanya langganan 10 Mbps itu bulanan yang harus kita bayar sekitar 300 ribuan, anda total sendiri deh berapa modal yang harus di keluarkan, insha allah masih terjangkau.

Setelah semuanya sudah siap, anda configurasi sendiri dari hal dasar terlebih dahulu.
lihat lagi gambar nya, 6 Modal Service Access Point sampai berhasil terkoneksi dengan baik

Kemudian anda bisa menawarkan nya dengan tetangga sebelah rumah, dengan harga yang murah murah saja, semisal 50 ribu / 75 ribu perbulan, karena kita menggunakan bahan bahan kabel, kita tarik aja kabel dari rumah kita menuju ke tetangga. caranya gimana pak? haduuhh.... semua ini rasanya sudah anda alami ketika disekolah, kalaupun tidak, pasti anda sering bolos.. haha

Rasanya ada yang janggal nih, alat access point yang dirumah tetangga mana dong? nah disitu anda harus negosiasi dengan tetangga, bahwa alat nya sekitaran 100 ribuan, kalo tetangga anda pengen beres, minta uang nya 150 ribu, 100 ribu nya alat, 50 ribu buat jerih payah anda merayap rayap diatas rumah tetangga, untuk selanjunya silahkan anda berkeasi membuat promosi agar tetangga anda tertarik.

Dengan begini, anda sudah punya usaha kecil kecilan dibidang TKJ, walapun kecil, apabila anda mengikuti jalan tutorial ini, saya sudah merasa sangat bangga dengan lulusan TKJ...

Semoga Bermanfaat
Een Pahlefi,S.Kom

1 Response to "6 Modal Sukses Bagi Pemula Pengusaha Jualan Internet"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel