Tips dan Trik Memindah Login Page ke External Flashdisk di RB750Gr3

Ketemu lagi dengan saya Een Pahlefi, kali ini saya berbagi tips dan trik untuk pengguna RB750Gr3, yang mana storage nya sangat kecil, sebagaimana kita tahu, bahwa RB750Gr3 memang memberi spesifikasi yang cukup mantap untuk sekelas router murah meriah nan berkualitas .

Karena RB750Gr3 dibekali dengan port USB, maka kita bisa menambah storage tambahan, khusus nya apabila di router kita menambah fitur hotspot, maka beberapa file login page yang cukup besar, bisa membuat storage internal nya akan habis, belum lagi apabila ada update routerOS terbaru... hmmmm..

Langsung saja..
Kita siapkan flashdisk (digambar flashdisk saya 4GB). kemudian pilih format
Apabila berhasil akan menjadi seperti berikut ini.

Kemudian karena Name nya "disk1", kalian bisa mengecek nya melewat akses ftp://10.30.30.1
10.30.30.1 (merupakan ip router kalian)


Ups, jangan lupa, username dan password (group anda) harus punya akses ftp

Saya asumsikan kalian sudah berhasil mengakses ftp lewat explorer windows, selanjutnya kalian upload login page nya di folder disk1


Sebenarnya sampai disini sudah selesai, tinggal mengarahkan halaman login page nya sesuai interface yang anda gunakan, namun saya punya kegagalan terus menerus ketika mengakses login page yang ada di disk1/Cyber..

Solusi yang saya temukan ialah membuat symbolic link yang mengarah disk1/Cyber (login page pertama) atau disk1/MetroNet (login page kedua)



Bagaimana caranya? anda download dulu Winscp, kemudian install sampai berhasil, dan kita akses router kita hingga sebagai berikut



Dikarenakan hak akses ftp untuk membuat symbolic link tidak diperbolehkan (access denied), maka kita perlu hak akses SSH (default port 22).



Saya asumsikan login via Winscp dengan port 22 berhasil.. penampakan nya sebagai berikut

Disini anda harus teliti ya kawan2, sebelum melanjutkan langkah ini, kalian harus benar - benar berhasil melewati langkah - langkah diatas, apabila gagal, maka anda tidak bisa melanjutkan langkah dibawah ini..



Kita buat folder cyber yang mengarah ke /disk/Cyber

Karena login page saya ada 2, maka kita buat satu nya lagi yaitu folder metro yang mengarah ke /disk1/MetroNet

Terakhir kita arahkan folder cyber dan metro, ingat dia berada di folder flash/cyber dan flash/metro
IP>Hotspot>Server Profile

Selesai..

Penulis : Een Pahlefi,S.Kom

0 Response to "Tips dan Trik Memindah Login Page ke External Flashdisk di RB750Gr3"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel