Cara Port Forwarding Modem Alcatel Lucent Untuk Di Gunakan Remote Mikrotik

Bertepatan pada tanggal 1 november, aku een pahlefi akhirnya memutuskan diri untuk mengundurkan diri dari SMP, maklum karena gajih nya kecil banget.. hehe.. Seketika itulah aku di ajak oleh bos yang baru kenal, dia seorang pengusaha RT.RW yang sudah exist sejak 7 tahun yang lalu, sekitar tahun 2010 an, yang lumayan banyak memiliki client via distribution wireless broadband. singkat cerita aku di ajak bergabung untuk memanage jaringan dan menjadi karyawan beliau. mungkin tulisan ini sudah banyak bertebaran di internet, tapi saya mencoba menulis dengan gaya bahasa saya sendiri, langsung saja ke point nya ya.

Saya mempunyai router core, yang menghandle beberapa tower distribusi untuk perangkat CPE end user, akan tetapi mode yang terpakai di router core masih dalam mode PPPOE, sedangkan untuk meremote mikrotik yang paling mudah, adalah dengan cara mengubah mode PPPOE menjadi bridge, agar IP Public nya langsung menempel di router yang melakukan dial.

Nah, akan menjadi masalah ketika mode nya masih menggunakan PPPOE, untuk solusi kali ini, kita bisa menggunakan menu Port Forwarding yang ada didalam modem, tujuan nya, apabila ada request dari port WAN (yaitu koneksi internet), dengan tujuan port LAN (yaitu koneksi tujuan router), maka akan di alihkan ke ip address atau koneksi yang kita kehendaki.

Seperti kita ketahui , bahwa winbox berjalan di port 8291, agar port 8291 itu menjadi open (terbuka), maka kita harus mengconfigurasi port forwarding tadi.

Silahkan buka webconfig modem anda, kemudian cari menu port forwarding, kemudian sesuaikan dengan gambar berikut











Catatan : 192.168.3.254 merupakan ip address yang terpasang di interface di ether yang terhubung dengan modem, sedangkan default router modem saya yaitu 192.168.3.1

Apabila kalian mengaktifkan fitur IP>Cloud nya mikrotik, kalian langsung menggunakan akses domain tersebut seperti berikut






Semoga berhasil
Penulis : Een Pahlefi,S.Kom

0 Response to "Cara Port Forwarding Modem Alcatel Lucent Untuk Di Gunakan Remote Mikrotik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel